Minggu, 17 April 2011

Sidang Abu Bakar Ba'asyir Dijaga 2500 Polisi

TEMPO Interaktif, Jakarta - Pasukan gabungan Polda Metro Jaya menurunkan 2250 hingga 2500 personil untuk mengamankan sidang tersangka teroris Abu Bakar Baasyir. Personil yang diturunkan berasal dari Polda Metro dan Polsek Jakarta Selatan. Pengamanan di sekitar tempat siding, yaitu Pengadilan Negeri Jakarta Selatan telah dilakukan sejak pukul 06.00.

"Mekanisme pengamanannya tidak jauh berbeda dari tanggal 10 Februari lalu," ujar Kepala Bidang Penerangan Umum Polda Metro Jaya, Kombes Baharudin, Senin (14/2).

Mekanisme pengamanan yang dilakukan, kata Baharudin, dibagi menjadi 5 ring. Dengan 2 ring berada di dalam PN Jaksel sementara 3 ring lainnya berada di luar pagar PN Jaksel hingga rute yang akan diambil oleh Baasyir dari Rumah Tahanan Cipinang.

"Ring 1 dan 2 tidak dipersenjatai, sedangkan ring 3 hingga 5 dipersenjatai dan bila perlu akan diperintahkan untuk mengambil tindakan tegas dan terukur. Senjata yang disediakan berpeluru karet, kosong, dan tajam," kata Baharudin.

Tindakan tegas, kata Baharudin, apabila ada sekelompok orang yang melakukan tindakan anarkis dan sudah mengancam jiwa orang lain, petugas, atau menghancurkan barang di depan umum secara bersama-sama. Tindakan peringatan dimulai dari penghimbauan, memerintahkan untuk membuang alat, diberikan tembakan peringatan, dan melumpuhkan.

"Untuk antisipasinya akan disediakan mobil Baracuda sebanyak 3 unit dan Water Canon sebanyak 3 unit," tutur Baharudin.

Selain itu, 15 personil juga telah dilengkapi hidran yang siap menunggu komando untuk menenangkan massa.

RENNY FITRIA SARI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar